Developed in conjunction with Joomla extensions.

Pesan Politik Sneakers Jokowi

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Jakarta - Di tengah suhu politik yang terus memanas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak makan malam 9 sekretaris jenderal partai politik (sekjen parpol) koalisi. Ada yang menarik dari pertemuan itu: pilihan busana yang digunakan Jokowi dan 9 sekjen parpol tersebut.

Mereka tampak lebih santai mengenakan kaus dan kemeja santai dipadu dengan sepatu kets atau sneakers. Ditilik dari komunikasi politik, pilihan busana itu dinilai tidak hanya sekadar urusan sandang belaka, lalu apa?

"Memang Jokowi juga memberi pesan bergaya anak muda, misal kemarin waktu memanggil sekjen ke Istana Bogor itu kan juga mengirim pesan bahwa koalisi kita santai, tidak tegang seperti di kubu Prabowo," ucap Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.


Para sekjen yang hadir yaitu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Sekjen NasDem Johnny G Plate, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, dan Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.

Mereka tampak memakai pakaian dengan gaya serupa: kaus berkerah dengan jins. Beberapa di antaranya memakai kaus berkerah dengan logo parpol yang dilengkapi jaket berlogo parpol pula. Sedang Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih berpadu celana jins serta sepatu kets.

Pertemuan Jokowi bersama para sekjen itu berlangsung pada Selasa, 31 Juli kemarin di Grand Garden Resto & Cafe yang berada di kompleks Kebun Raya Bogor. Qodari membandingkan pertemuan Jokowi dengan 9 sekjen itu dengan rangkain pertemuan yang dilakukan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tak salah memang, sebab sehari sebelumnya SBY menemui Prabowo di kediamannya. Saat itu, baik SBY maupun Prabowo tampak formal mengenakan kemeja batik lengan panjang. Pun ketika Prabowo bertandang ke markas partai koalisinya, PKS, yang disusul pertemuan berikutnya antara SBY dengan PKS.

Terlepas dari itu, Qodari menyebut gaya pertemuan Jokowi tersebut memberi sinyal bahwa koalisi yang diusung Jokowi merangkul kaum muda. "Menurut saya orang muda ini arahnya ke Jokowi, yang kedua buat connect ke generasi muda," imbuh Qodari.


Tonton juga video: 'Sneakers Jokowi Saat Olahraga Bikin Gagal Fokus Netizen'

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/rvk)

Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.