Developed in conjunction with Joomla extensions.

Duh, 10.000 Ekor Ikan di Danau untuk Ritual Keagamaan Malah Dimakan!

Foto: Istimewa

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Shenyang - Sebuah kejadian unik baru terjadi di Shenyang, China. Puluhan ribu ikan yang tadinya dilepas di danau untuk ritual keagamaan, malah ditangkap untuk dimakan.

Dikutip dari Shanghaiist (20/7), baru-baru ini sekitar 10.000 ikan dilepas di danau Dingxiang, Shenyang untuk ritual keagamaan bernama fangsheng. Secara harfiah, fangsheng berarti 'melepas kehidupan' dimana penganut Budha coba menyelamatkan ikan-ikan tersebut dari pasar lalu melepasnya kembali ke habitatnya.

Ritual ini juga bertujuan sebagai cara untuk mendapat kebaikan. Namun ternyata fangsheng malah disalahartikan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Ikan Utuh Harus Disajikan Dalam Santap Malam Imlek, Ini Sebabnya

Mereka malah menunggu di sekitar danau untuk menangkap ikan-ikan yang dilepas dalam ritual fangsheng. Ikan tersebut sengaja diambil untuk dimakan. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial China, nampak dua pihak berdebat.

Penangkap ikan terlihat tak menghiraukan keluhan penganut Budha yang meminta mereka berhenti mengambili ikan. Sebenarnya ini bukan kali pertama orang-orang memanfaatkan momen fangsheng.

Mereka berlomba-lomba mendapatkan keuntungan tanpa mempedulikan niat baik orang yang melakukan ritual keagamaan itu. Meski begitu, melepaskan ikan dalam jumlah sangat banyak ke air ternyata menimbulkan masalah tambahan.

Tahun 2013, sekitar 250 kg ikan mati terdampar di Shanghai. Pejabat terkait mengabarkan hal ini terkait jumlah pelepasan ikan yang terlalu banyak.

Baca Juga: Viral! Ikan yang Sudah Dimasak Ini Kembali Hidup dan Loncat dari Piring (adr/odi)


Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.