Developed in conjunction with Joomla extensions.

BMKG: Waspadai Cuaca Buruk Landa Riau

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

riau.go.idPEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru menyatakan pada Mei ini aktivitas cuaca buruk seperti hujan yang disertai petir maupun angin kencang masih akan sering terjadi di wilayah Provinsi Riau dan masyarakat diminta untuk mewaspadainya.

Berdasarkan analisis BMKG yang diterima Senin (19/5), cuaca buruk yang disertai angin kencang umumnya berpeluang terjadi pada sore dan malam hari.

Gangguan cuaca seperti daerah tekanan rendah dan gangguan badai tropis diperkirakan akan sering terjadi di Belahan Bumi Selatan (BBS) yaitu di Samudera Hindia selatan Jawa, dan di Samudera Hindia barat Sumatera. Kondisi inilah yang membuat pola angin permukaan di provinsi Riau berasal dari arah baratan, sehingga peluang untuk kejadian cuaca buruk akan lebih sering terjadi.

Disamping itu, jika dilihat dari peta prediksi curah hujan bulan Mei diprakirakan distribusi curah hujan yang mulai kering berada di wilayah Riau bagian utara seperti Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, dan Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan wilayah yang akan mengalami curah hujan yang cukup tinggi diantaranya Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak bagian barat dan timur, Kabupaten Kampar bagian timur dan Kabupaten Meranti bagian utara. Selebihnya, berada pada kisaran curah hujan sedang.

Meskipun masih berpeluang terjadi cuaca buruk, potensi akan terjadinya banjir diprakirakan masih dalam batas aman. Ini dikarenakan peluang distribusi curah hujan provinsi riau yang mulai memasuki musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Namun, untuk wilayah Indragiri Hulu bagian tengah dan utara, serta sebagian kecil Kuantan Singingi bagian tengah harus tetap waspada terhadap peluang banjir.

Cuaca buruk yang sewaktu-waktu dapat terjadi, mengakibatkan dunia pelayaran dan penerbangan dapat meningkatkan kewaspadaan.

Untuk pelayaran, peluang terjadinya gelombang yang cukup tinggi sebagai dampak dari pengaruh angin barat dengan kecepatan cukup kencang sehingga terjadi penambahan tinggi gelombang. Sedangkan untuk dunia penerbangan, hujan disertai petir dan angin kencang akan berpengaruh terhadap kenyamanan aktifitas penerbangan di wilayah udara Riau. (rgi/as)

Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.