Developed in conjunction with Joomla extensions.

Tentang 'Jokowi' yang Heboh Dipeluk Gadis

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Jakarta - Sosok serupa Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dipeluk oleh seorang gadis ramai jadi perbincangan di internet. Sosok itu bukanlah Jokowi yang sebenarnya, melainkan hanya patung lilin di Museum Madame Tussauds Singapura.

"Siapa pun tahu itu patung lilin dan saya kira yang harus dikedepankan sebuah karya seni yang cukup tinggi karena patung lilin itu telah memberikan bentuk yang mirip dengan presiden kan," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin ketika dihubungi detikcom via telepon, Selasa (5/6/2018).


Patung lilin itu memang sangat mirip dengan Jokowi. Pihak Madame Tussauds benar-benar mengukur Jokowi dengan detail sehingga hasilnya pun bisa bikin bingung yang hanya melihatnya sekilas.

Tim dari Museum Madame Tussauds menyambangi Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (12/10/2016) sekitar pukul 13.55 WIB. Saat itu Jokowi mengenakan 'baju kebesaran'-nya yakni kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam. Jokowi langsung diukur dengan detail.


"Mulai dari warna rambut, mata, warna kulit, bahu, semuanya. Kan harus mirip aslinya. Difoto dengan 32 posisi. Itu (makan waktu) sekitar satu jam. Panjang lengan, jika dia berdiri sudutnya bagaimana, dihitunglah," kata Kepala Sekretariat Presiden waktu itu, Darmansjah Djumala.


Museum Madame Tussauds tak asal saja menentukan untuk membuat patung lilin Jokowi. Pihak museum yang bertempat di Hong Kong kala itu sudah melakukan survei sebelumnya kepada pengunjung dan hasilnya adalah Jokowi mengalahkan Donald Trump, Hillary Clinton, sampai Lionel Messi.

Setelah proses pembuatan secara detail dan teliti, patung tersebut pun rampung pada tahun 2017. Jokowi bahkan berkesempatan melihat langsung 'kembaraannya' itu pada 2 Mei 2017.

Saat itu Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke Hong Kong sekaligus menemui para buruh migran di sana. Jokowi juga mengajak Ibu Negara Iriana dan putrinya, Kahiyang Ayu. Bahkan Iriana mengakui kalau patung bikinan Madame Tussauds amat mirip dengan suaminya.


"Yang kaget bukan saya, tapi ibu, ha ha ha. Ngomong 99,9% sama persis," ungkap Jokowi saat itu.

Iriana lalu bercerita soal baju yang dia siapkan untuk patung tersebut. Ada 2 potong kemeja putih lengan panjang dan 2 kemeja bermotif batik.

Tak hanya itu, sepatu pun disiapkan oleh keluarga Jokowi. Tak heran jika sosoknya sangat mirip dengan Jokowi.


Pada Agustus 2017, patung Jokowi ganti baju dengan kemeja batik. Pergantian baju ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Rupanya bukan di Hong Kong saja patung Jokowi dipajang, tapi di Singapura juga. Patung lilin Jokowi mejeng di Museum Madame Tussauds Singapura sejak ulang tahun Presiden ke-7 RI tersebut yakni pada 21 Juni 2017. Patung inilah yang kini viral karena dipeluk oleh seorang wanita.

Pose antara patung lilin Jokowi di Hong Kong dengan Singapura sama persis yakni tangan kiri seakan menggulung lengan baju sebelah kanan. Mimik wajah Jokowi di patung itu tampak tersenyum dengan tatapan mata ke depan.


(bag/imk)

Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.